Rabu, 02 Desember 2015

PENGARUH SITUASI TERHADAP PEMBELIAN DAN KONSUMSI

Pengaruh Situasi memiliki penafsiran yang berbeda beda dari beberapa ahli.  Menurut  wilkie pengaruh situasional adalah kekuatan sesaat yg tidak berasal dari dalam diri seseorang atau berasal dari produk atau merek yang di pasarkan , penelitian telah menemukan bahwa faktor situasional mempengaruhi pilihan konsumen dengan mengubah kemungkinan pemilihan berbagai alternative. Menurut Asseal adalah kondisi sesaat yang muncul pada tempat dan waktu tertentu. Kemunculanya terpisah dari diri produk maupun konsumen. Sedangkan menurut belik , mendifinisikan situasi sebagai semua faktor yang utama terhadap tempat dan situasi yang tidak menurut pengetahuan seseorang ( intra individu ) dan stimulasi ( alternative pilihan ) dan memiliki bukti dan pengaruh sistimatis pada prilaku saat itu. Secara umum pengaruh situasi adalah faktor faktor yang mempengaruhi konsumen dalam bertindak diluar pengaruh produk tersebut dan juga iklan. 

Pengaruh situasional pada konsumen berasal dari dalam diri mapun dari lingkungan dimana konsumen berada pada saat melakukan aktifitas. Terdapat beberapa faktor faktor yang mempengaruhi situasi konsumen diantaranya yaitu:
·         Melibatkan waktu dan tempat dalam mana aktifitas konsumen terjadi ,
·         Mempengaruhi tindakan konsumen sperti prilaku pembelian , dan
·         Tidak termasuk karakteristik personal yang berlaku dalam jangka panjang.
Situasi konsumen relative merupakan kejadian jangka pendek dan harus dibedakan dengan lingkungan makro atau faktor-faktor personal yang memiliki jangka waktu lama .
Sesuai dengan waktu kegunaannya, situasi konsumen terbagi menjadi tiga diantaranya
·         Situasi Pembelian
Merupakan suatu kondisi atau suasana dimana konsumen sedang melakukan pembelian produk. Situasi seperti ini akan mempengaruhi konsumen dalam bertindak atau memutuskan pembelian. Contohnya : Pada saat setelah olahraga seorang konsumen membutuhkan air untuk menambah stamina yang mulai turun akibat kehausan dan kelelahan saat itu konsumen akan membeli air minum berapapun harganya karena ia sangat membutuhkannya.
·         Situasi Komunikasi
Merupakan suatu kondisi atau suasana dimana konsumen melakukan komunikasi dan mendapatkan informasi, baik informasi secara langsung maupun tidak langsung. Situasi seperti ini akan mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Contohnya : Seorang ibu memperoleh informasi dari brosur mini market tentang adanya potongan harga pada mini market tersebut, pada saat mendapatkan informasi tersebutlah seorang ibu tersebut dapat memutuskan pembelian.
·         Situasi Pemakaian
Merupakan suatu kondisi atau suasana yang dialami konsumen saat pemakaian produk. Situasi tersebut dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian. Contohnya: Mukena dipakai saat seorang wanita akan shalat, baju hangat digunakan saat cuaca dingin.
Itulah beberapa situasi yang dapat mempengaruhi konsumen dalam melakukan pembelian dan konsumsi.

Sumber:
http://zanbakhu.blogspot.com/2011/12/perilaku-konsumen-pengaruh-situasi.html
http://hieigemblung.blogspot.com/2012/11/pengaruh-situasi-terhadap-pembelian.html

http://virgikastamasoar.blogspot.com/2011/10/pengaruh-situasi.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar